Jumat, 09 Oktober 2015

Gadis rela memberikan kesuciannya kepada kekasih (Individu, Keluarga, Masyarakat)

Pengertian Pergaulan Bebas adalah salah bentuk perilaku menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntutan, aturan, syarat, dan perasaan malu. Atau pergaulan bebas dapat diartikan sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma agama maupun norma kesusilaan. Pengertian Pergaulan Bebas diambil karna arti dari Pergaulan dan bebas. Pengertian pergaulan adalah merupakan proses interaksi antara individu atau individu dengan kelompok. Sedangkan bebas adalah terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, norma agama dan norma kesusilaan. Pergaulan berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian seorang individu baik pergaulan positif atau negatif.

Pergaulan positif berupa kerja sama antara individu atau kelompok yang bermanfaat. Sedangkan pergaulan negatif mengarah pada pergaulan bebas yang harus dihindari oleh setiap masyarakat khususnya bagi remaja yang masih labil atau masih mencari jati dirinya dan di usia remaja lebih mudah terpengaruh serta belum dapat mengetahui baik atau tidaknya perbuatan tersebut. 

Ciri-Ciri Pergaulan Bebas
Pergaulan bebas dapat diketahui dengan beberapa ciri-ciri yang menandakannya antara lain sebagai berikut :
· Penghamburan harta untuk memenuhi keinginan sex bebasnya
·Rasa ingin tahu yang sangat besar
·Terjadi perubahan-perubahan emosi, pikiran, lingkungan pergaulan dan
  tanggung jawab yang dihadapi.
· Terjerat dalam pesta hura-hura dengan menggunakan obat-obat terlarang seperti ganja, putau, ekstasi, dan pil-pil setan lainnya. 
·Menimbulkan perilaku munafik dalam masyarakat
·Perilaku yang tidak baik
·Pakaian terbuka 
·Mudah mengalami kegelisahan, tidak sabar, emosional, selalu ingin melawan, rasa malas, perubahan dalam keinginan, selalu menunjukkan eksistensi dan kebanggan diri serta selalu ingin mencoba banyak hal. 
·Sering mengalami tekanan mental dan emosi
·Ingin mendapatkan harta dan uang dengan menghalalkan segala cara termasuk dengan jalan yang salah, keji dan haram.

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas 
Hal yang terjadi dalam pergaulan bebas banyak bertolak belakang dengan atran-aturan dan norma-norma dalam etika pergaulan, hal ini didasari atau disebabkan dari banyak faktor-faktor penyebab pergaulan bebas antara lain sebagai berikut :
1. Rendahnya Tarah Pendidikan Keluarga
2. Keadan Keluarga Yang Tidak Stabil (Broken Home)
3. Orang Tua yang Kurang Memperhatikan 
4. Lingkungan Setempat Kurang Baik
5. Kurang Berhati-Hati Dalam Berteman 
6. Keadaan Ekonomi Keluarga 
7. Kurangnya Kesadaran Remaja 
8. Adanya Teknologi Informasi (Internet)

Akibat Pergaulan/Dampak Pergaulan Bebas
Terjadinya pergaulan bebas memberikan pengaruh besar baik bagi diri sendiri, orang tua, masyarakat dan juga negara, pengaruh-pengaruh tersebut dari dampak yang ditimbulkan dari pergaulan bebas antara lain sebagai berikut.. 
·       Bahaya dari pergaulan bebas adalah seks bebas
 ·      Ketergantungan Obat
·       Menurunnya tingkat kesehatan
·       Meningkatkan Kriminalitas
·       Meregangkan Hubungan Keluarga
·       Menyebarkan Penyakit
·       Menurunnya Prestasi
·       Berdosa

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas 
Masalah apapun dapat diatasi, baik itu pergaulan bebas hal ini dapat diatasi, dan dicegah dengan solusi-solusi penanganan dan pencegahan pergaulan bebas dengan beberapa cara antara lain sebagai berikut:
1. Memperbaiki Cara Pandang
2. Jujur Pada Diri Sendiri 
3. Menanamkan Nilai Ketimuran
4. Menjaga Keseimbangan Pola Hidup
5. Banyak Beraktivitas Secara Positif
6. Berpikir Masa Depan
7. Mengurangi Menonton Televisi
8. Selalu Membaca Buku
9. Berkomunikasi dengan Baik
10. Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas
11. Menegakkan Aturan Hukum


Seperti kasus berikut ini – Tak ada yang menyangka siswi SLTA di Ponorogo ini begitu mudahnya menyerahkan keperawanannya kepada lelaki yang dekat dengannya.


Mula-mula ia hanya setia kepada kekasihnya. Namun, setelah hubungan asmaranya kandas, siswi berusia 17 tahun ini pun rela menyerahkan kegadisannya kepada setiap lelaki yang mau menjadi pacarnya.

Mawar, demikian nama samarannya, mengaku melakukan hubungan layaknya suami istri ketika masih berseragam biru putih. Saat itu, siswi asal Kecamatan Kota Ponorogo ini sudah memiliki seorang kekasih. Ia menganggap bahwa pacar adalah segalanya. Kepada pacarnyalah, ia rela memberikan apa yang ia miliki, termasuk kegadisannya. “Pertama, saya melakukan hubungan badan itu, saya dipaksa oleh kekasih ketika di rumahnya,” kisah dia kepada Madiunpos.com secara blak-blakan.

Sejak kali pertama itulah, siswi itu mulai ketagihan melakukan hubungan badan dengan kekasihnya. Tak ada lagi paksaan. Semua dilakukan di rumah kekasihnya saat situasi sepi. Ia mengaku sudah tak lagi bisa menghitung seberapa banyak melakukan hal tak senonoh itu di kamar kekasihnya.
Orang tua siswi itu memang telah bercerai. Selain jarang mendapatkan pengawasan, ia juga jarang mendapatkan kehangatan kasih sayang orang tuanya. Alhasil, pacar adalah tempat pelariannya untuk mendapatkan kasih sayang.

Kini, setelah duduk di bangku SLTA kelas III, ia tetap melakukan aktivitas terlarang itu dengan pacar barunya yang kali kesekian. Aktivitas itu, baginya adalah candu. Tak ada lagi yang ia khawatirkan, toh ia merasa sudah tak lagi perawan sejak SMP. Dan pacar adalah tempat ia mencari kasih sayang.

Sungguh memprihatinkan melihat dan mendengar kejadian seperti itu. Mereka pada umumnya yang seharusnya masih bermain-main dan bergaul bersama temannya tetapi sudah dewasa sebelum waktunya karena dari lingkungan keluarga yang bermasalah, kemudian kurangnya perhatian dari kedua orang tua, sehingga dia tidak merasakan kasih sayang dari orang tuanya maka ia mencari kasih sayang dari orang lain yang pada akhirnya timbul kejadian-kejadian seperti itu karena tidak bisa membatasi dirinya sendiri.





Sumber :
http://www.madiunpos.com/2015/03/09/pergaulan-bebas-astaga-siswi-ini-mengaku-ketagihan-setelah-bercinta-di-saat-masih-smp-583108
http://www.artikelsiana.com/2015/09/pengertian-pergaulan-bebas-penyebab.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar